Selasa, 09 Februari 2016

01. Cara Mencapai Pulau Weh


Sebelumnya    Orientasi Posisi Pulau Weh di Indonesia


Setelah mengetahui orientasi posisi Pulau Weh di Indonesia. Sekarang kita akan membahas transportasi menuju Pulau Weh.


Dari DKI Jakarta, perjalanan dimulai melalui Bandara Internasional Sukarno Hatta menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Umumnya, beberapa operator penerbangan di Indonesia dari Bandara Internasional Sukarno Hatta menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh akan transit di Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatra Utara sebelum melanjutkan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh. Setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, apabila sedang ada jadwal penerbangan ke Pulau Weh, maka dapat dilanjutkan ke Bandara Maimun Saleh di Kota Sabang.

Jalur perjalanan yang umum dilakukan dari Jakarta ke Pulau Weh adalah melalui Bandara Internasional Sukarno Hatta menuju Bandara Kuala Namu Internasional di Deli Serdang, transit di Kuala Namu kemudian dilanjutkan ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, dilanjutkan menggunakan taksi langsung menuju Pelabuhan Ulue Lee. Atau bisa juga menggunakan bus DAMRI dari bandara, menuju kawasan Mesjid Agung Banda Aceh, kemudian dari Mesjid Agung menggunakan taksi, labi-labi atau becak menuju Pelabuhan Ulue Lee. Dari Pelabuhan Ulue Lee, dapat menggunakan kapal Ferry cepat yang merupakan kapal fiber atau menggunakan Kapal Penyeberangan ASDP yang juga mengangkut sepeda motor dan mobil menuju Pelabuhan Balohan di Pulau Weh. 

Alternatif lain menuju Pulau Weh adalah melalui Kota Medan di Provinsi Sumatra Utara. Dimulai dengan penerbangan dari Bandara Internasional Sukarno Hatta, DKI Jakarta menuju Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, Sumatra Utara. Dari Bandara Internasional Kuala Namu, dapat menggunakan Kereta Api bandara menuju Stasiun Kereta Api di Kota Medan. Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Kuala Namu tepat berada di depang gedung utama Bandara Internasional Kuala Namu. Setibanya di Stasiun Kereta Api Kota Medan, melanjutkan menggunakan taksi atau becak ke Stasiun Bus yang menuju Kota Banda Aceh di Jalan Gajah Mada, Medan atau juga yang berada di Jalan Gatot Subroto, Medan. 


Atau dari Bandara Internasional Kuala Namu langsung menggunakan taksi atau menyewa mobil ke stasiun bus tersebut. Alternatif lainnya, menggunakan bus Bandara Internasional Kuala Namu yang bernama 'ALS' menuju Medan Fair Plaza di Kota Medan, kemudian melanjutkan naik taksi atau becak ke stasiun bus yang menuju Kota Banda Aceh di Jalan Gajah Mada, Medan atau juga yang berada di Jalan Gatot Subroto, Medan. Bus-bus dari kedua stasiun tersebut umumnya berangkat setiap hari menuju Kota Banda Aceh. Perjalanan naik bus dari Kota Medan ke Kota Banda Aceh menempuh sekitar 12  jam perjalanan melalui jalur pantai Timur Provinsi Banda Aceh. Dari Terminal bus Kota Banda Aceh, dilanjutkan dengan taksi, labi-labi atau becak ke Pelabuhan Ulue Lee kemudian naik Kapal Ferri cepat atau Kapal Penyeberangan ASDP ke Pelabuhan Balohan, Pulau Weh.


Setibanya di Pelabuhan Balohan, Pulau Weh, beberapa pengemudi mobil disekitar pelabuhan akan menawarkan mobilnya untuk membawa anda ke tempat-tempat yang menjadi tujuan anda berikutnya di Pulau Weh. Beberapa tempat yang mungkin bisa menjadi tujuan anda di Pulau Weh, akan dibahas dalam blog berikutnya. Sekarang, anda telah mendapatkan orientasi di belahan bumi mana Pulau Weh berada dan beberapa alternatif untuk mencapai Pulau Weh dari DKI Jakarta, Ibukota indonesia. Dengan mengetahui orientasi, maka kita akan dapat mengetahui tujuan kita....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar