Rabu, 27 Januari 2016

Indonesia Archipelago



Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, sehingga dikenal juga dengan sebutan Indonesia Archipelago. Wikipedia menyatakan, archipelago berarti kelompok pulau-pulau atau rantaian pulau atau kumpulan pulau. Sebutan ini sangat sesuai dengan kondisi negara Republik Indonesia yang wilayahnya terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari bagian barat Sumatera hingga ke bagian Timur Papua, dan dari bagian utara Sulawesi hingga ke selatan Jawa. Sebaran pulau-pulau ini membentuk rantaian pulau-pulau di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Nusantara. 


Video Google Earth Tour: Indonesia Archipelago


Wilayah Indonesia termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia di bagian utara dan benua Australia di bagian selatan, serta Samudera Hindia di bagian barat dan Samudera Pasifik di bagian timur.  Pulau-pulau utama yang terbesar di Indonesia yaitu dari barat ke timur, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Badan Informasi Geospasial Indonesia menyatakan pada tahun 2013, telah menyelesaikan perifikasi 13.466 pulau dan sekitar 3.000 pulau lagi masih menunggu diidentifikasi letak kordinatnnya dan disahkan namanya. Keseluruhan panjang keliling pulau-pulau tersebut mencapai 99.093 kilometer dan diperkirakan bisa betambah lagi jika pemetaan lebih detail telah dilaksanakan. Dengan panjang pantai tersebut, Indonesia menyandang posisi nomor 2 sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, setelah Kanada yang menyandang posisi nomor 1 untuk garis pantai terpanjang di dunia.


Lihat juga:  Globe untuk mengetahui posisi Indonesia di bumi.


Video Google Earth Tour Indonesia Archipelago menunjukkan posisi Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera  serta pulau-pulau utama yang terbesar di Indonesia. Selain itu juga, ditunjukkan posisi Sabang hingga Merauke, Pulau Sangihe dan Pulau Talaud hingga Pulau Sumba dan Pulau Rote, serta dari Pulau Natuna hingga ke Pulau Supiori. Dengan mengetahui posisi pulau-pulau besar Indonesia serta beberapa pulau-pulau terluar Indonesia akan membantu untuk meningkatkan kemampuan orientasi bumi mengenai Indonesia Archipelago.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar