Jumat, 15 Januari 2016

Globe





Video: Bumi




Globe atau Bola Dunia merupakan sebuah bola bundar dengan  gambar permukaan bumi yang digambar di permukaan bola tersebut. Tatakan globe dibuat sedemikian rupa sehingga bola tersebut dapat diputar-putar untuk melihat seluruh gambar permukaan bumi yang telah digambar pada bola tersebut.



Di sekolah dasar dan sekolah lanjutan, globe digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Pada mata pelajaran IPA, globe digunakan untuk menunjukkan perputaran bumi, menunjukkan simulasi terjadinya siang dan malam dengan menggunakan senter yang berfungsi seakan-akan seperti matahari. Pada saat globe diputar, bagian yang terkena cahaya senter seakan-akan mengindikasikan bagian bumi yang sedang berada pada kondisi pagi hingga sore hari, sementara bagian yang tidak terkena senter mengindikasikan bagian bumi yang berada pada kondisi malam hari. Pada mata pelajaran IPS, globe digunakan untuk mendapatkan orientasi posisi negara-negara yang ada di bumi, posisi dan nama-nama benua dan samudra yang ada di bumi.






Pada tahun 2005, saya menemukan Google Earth di internet.  Setelah men-donwload, meng-install serta mengeksplorasi Google Earth di komputer, rasanya seakan-akan kita bisa mengunjungi semua wilayah di bumi. Walaupun pada saat itu belum semua gambar di Google Earth yang terlihat dengan jelas, tetapi perangkat ini sangat membantu. Sebagian besar gambar kawasan di Indonesia masih terlihat kehijauan dan kabur, tetapi telah dapat membantu untuk menentukan Orientasi posisi di belahan bumi. Paling tidak, pada saat itu, perangkat Google Earth telah menunjukkan batas-batas negara, Benua-benua, Samudra dan lautan serta pulau-pulau.







Google Earth telah berfungsi sebagai pengganti perangkat globe yang dulu digunakan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan. Dan lebih hebatnya lagi, Google Earth dapat digunakan untuk melihat sampai pemandangan letak jalan, bangunan-bangunan dan rumah-rumah atau kendaraan-kendaraan yang sedang berada di jalan. Fitur Grid yang ada dapat digunakan untuk menentukan koordinat Bujur dan Lintang suatu tempat di permukaan bumi. Dengan demikian dapat mengitung jarak dan juga luas suatu kawasan di permukaan bumi yang ingin dianalisa. Google Earth benar-benar berguna membantu pekerjaan saya, walaupun dengan sumberdaya yang terbatas. Perangkat ini meningkatkan kemampuan navigasi dan orientasi terhadap suatu lokasi di permukaan bumi.






Video diatas menunjukkan pergerakan globe yang menunjukkan benua-benua dan samudra-samudra di bumi, yaitu Benua Asia, Australia, Afrika, Amerika, Eropa, Artik dan Antartika serta Samudra Hindia, Atlantik dan Pasifik.


Lihat juga  Cara menuju Pulau Weh di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam






2 komentar:

  1. dengan ini lebih mudah menjelaskan ke anak-anak tentang rupa bumi

    BalasHapus
  2. Setuju Bang, Untuk anak-anak, penjelasan narasi dibantu visualisasi akan membantu mempercepat pemahaman mereka. thanks

    BalasHapus