Sabtu, 30 Januari 2016

Danau Toba

 

 






Danau Toba adalah danau vulkanic di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini diperkirakan terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu saat Gunung Toba meletus dan menyisakan danau dan kaldera yang ada saat ini. Danau Toba berada di bagian tengah Sumatera Utara, dikelilingi rangkaian pegunungan Bukit Barisan. Berdasarkan data World Lake Database, pemukaan air Danau Toba berada di ketinggian 905 meter diatas permukaan laut, kedalaman maksimum 529 meter dengan luas permukaan mencapai 1.100 kilometer persegi. Terdapat beberapa pulau di Danau Toba, yang terbesar adalah Pulau Samosir, yang kedua Pulau Sibandang, dan masih ada lagi 8 pulau-pulau kecil di danau ini. Dengan demikian, di Danau Toba yang berada di Pulau Sumatera, masih ada pulau lagi didalamnya.

Baca juga  Indonesia Archipelago untuk melihat pulau-pulau besar di Indonesia


Secara administratif, terdapat 7 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki garis pantai di kawasan Danau Toba. Kabupaten-kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Toba Samosir. Seluruh daerah Pulau Samosir merupakan wilayah administratif Kabupaten Samosir, sementara sebagian wilayahnya berada dibagian barat Pulau Samosir. Keenam kabupaten lainnya berada di kawasan garis pantai bagian luar Danau Toba.




Video Google Earth Tour: How to get Lake Toba


Video How to get Lake Toba Tour menunjukkan nama, posisi dan garis pantai yang merupakan wilayah ketujuh kabupaten disekitar Danau Toba tersebut. Ditambahkan dengan informasi bagaimana mencapai Pulau Samosir dan Danau Toba dari DKI Jakarta yang digunakan sebagai patokan asal perjalanan menuju Pulau Samosir.


Rangkaian pegunungan yang mengelilingi Danau Toba menciptakan pemandandangan landscape yang indah. Beberapa kawasan di sekitar Danau Toba telah dikelola sebagai kawasan tujuan wisata. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Danau Toba, yaitu wisata air, seperti berenang, banana boat, tour keliling naik speed boat atau kapal pariwisata. Trekking atau tour menggunakan sepeda motor berkeliling Pulau Samosir, mengunjungi perkebunan-perkebunan masyarakat, dan juga mempelajari adat dan budaya Batak yang merupakan suku yang mendiami kawasan Danau Toba dan sekitarnya, dan juga menikmati pertunjukan-pertunjukan adat dan budaya setempat.  

Baca juga  Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara untuk melihat kabupaten dan kota lainnya



Fasilitas pariwisata seperti hotel, penginapan, bungalow dan restoran atau rumah makan telah ada di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata. Tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata yang berhubungan langsung dengan Danau Toba yaitu Parapat, Tomok, Pangururan, Balige dan Porsea. Kabupaten-kabupaten di sekitar Danau Toba juga mempunyai tempat-tempat yang menarik untuk berwisata yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan wisata di danau Toba. Kabanjahe dan Berastagi di Kabupaten Karo, Sidikalang di Kabupaten Dairi, Sipincur di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sipoholon di Kabupaten Tapnuli Utara, Nalige dan Porsea di Kabupaten Toba Samosir dan Parapat di Kabupaten Simalungun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar