Senin, 12 Februari 2018

Pulau Samosir



Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang berada ditengah Danau Toba. Merupakan salah satu pulau yang berada diatas pulau. Danau Toba berada di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Sumatra Utara. Posisi Danau Toba bisa dikatakan hampir tepat berada di tengah Provinsi Sumatera Utara jika dibandingkan ke posisi Pantai Timur dan Pantai Barat Sumatera Utara. 


Pantai Timur Sumatera Utara merupakan dataran rendah dengan garis pantai di selat Malaka. Ketinggian dari Danau Toba kearah Pantai Timur Sumatera Utara cenderung menurun sedikit demi sedikit. Sementara Pantai Barat Sumatera Utara yang garis pantainya berhadapan dengan Samudra Hindia, cenderung berbukit-bukit hingga mendekati garis pantai. Kedua garis pantai yang berada di Sumatera Utara ini memiliki ciri khas dan karakteristik berbeda.

Danau Toba yang bisa dikatakan jantung Sumatera Utara yang tepat berada hampir ditengah antara pantai Timur dan pantai Barat ini merupakan kawasan dataran tinggi pegunungan. Akibat letusan gunung Toba sekitar 75.000 tahun yang lalu, menghasilkan kaldera yang besar dan dalam. kaldera tersebut lama-lama terisi air sehingga menjadi Danau Toba. Posisi danau memanjang dari Utara kearah Selatan.

Akibat dorongan magma dan tekanan dari dasar kaldera Toba, dasar kaldera yang terjadi karena letusan Gunung Toba mengalami penaikan. Penaikan yang terjadi selama ribuan tahun itu mengakibatkan adanya daratan yang muncul dan ketinggiannya melebihi ketinggian permukaan Danau Toba. Daratan tersebutlah yang dikenal sebagai Pulau Samosir saat ini. 

Pulau Samosir sendiri agak memanjang dari Utara ke Selatan dan melebar di Timur kearah Barat. Sebagian garis pantai Pulau Samosir dulunya terhubung ke daratan Pulau Sumatra. Tetapi dilakukan penggalian untuk membuat saluran atau kanal sehingga Pulau Samosir terpisah dari daratan Pulau Sumatra. Lokasi kanal tersebut berada di Pangururan tepatnya Tano Ponggol yang artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu Tanah Potong. Mungkin karena proses pembuatan kanal tersebut yang memisahkan Pulau Samosir dari daratan Pulau Sumatra sehingga daerah kanal tersebut diberi nama Tano Ponggol.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar